SewaToilet - Bisnis "kotor" yang halal

Ini adalah pengalaman pertama saya melakukan kegiatan di lapangan yang dilengkapi dengan toilet umum yang portable dan moveable

Bermula dari penunjukkan EO dari perusahaan untuk melakukan launching product di tengah lapangan - di tengah sawah lebih tepatnya - maka dibutuhkan toilet untuk pengunjung yang banyak itu. 

Maka munculah 2 unit toilet pagi itu, sebelum acara dimulai dan satu orang pegawainya langsung melakukan instalasi di tengah sawah.


saya pikir bakalan bau dan tidak nyaman untuk digunakan, tapi ternyata 2 unit diletakkan disana untuk mengakomodir sekitar kebutuhan hajat tamu undangan sebanyak 700an orang, sampai acara berakhir tidak bau pesing kayak WC umum loh.

Memang ada satu orang yang ditempatkan disana untuk menjaga dan memastikan kedua unit toilet itu berfungsi dengan baik dan tetap nyaman untuk digunakan buang hajat :)

Saya sempat tanya berapa kemampuan menampung kotoran untuk satu unit toilet ini. Dia sempat bilang bisa mencapai 500an orang bila hanya buang air kecil saja - memangnya bisa diatur mau buang yang besar atau kecil - tapi ya... minimal kebayanglah kemampuan masing2 toilet ini.

Dan tiap unitnya juga dilengkap oleh wastafel dan pengharum ruangan loh. diatas wastafel juga dilengkapi dengan cairan sabun dan ada tissu kering untuk mengelap tangan yang basah loh. 


cara nge-flushnya juga gampang. Tinggal injak saja pedal di sebelah kanan bawah maka - keluarlah cairan flush yang berwarna bitu. Ya... warnanya biru, berarti sudah dilengkapi dengan cairan sanitasi kumannya. persis seperti yang saya lihat cairan flush di pesawat. mungkin sejenis kali ya...

SAng penjaga pun rajin setiap dia lihat, unit sudah mulao kotor dan tidak nyaman maka dia langsung dengan sigap membersihkan cairan yang berceceran atau terlihat kotor. JAdi, siapapun yang berikutnya masuk untuk memanfaatkan toilet ini akan merasakan kenyamanan yang maksimal :)

Ya.. karena di taruh ditengah sawah seperti gambar berikut memang membuat unit ini terasa sangat panas dan pastinya tidak nyaman bila digunakan untuk buang hajat yang besar :p
PUANASE PUOLLLL rek...



tapi secara fungsi membuat para peserta yang datang cukup berkomentar yang baik tentang fasilitas yang kami sediakan ini. Mereka tidak perlu report menyalurkan hajat yang mendesak dan harus di buang :D

Idenya brillian karena kami pake seharin -sekitar 12 jam dan menurut teman-teman panitya harga sewanya sekitar 2 jutaan. Nah, memang relatif mahal bila dibandingkan dengan buang hajat di bawah pohon yang gratis. Tapi coba bayangkan dari sisi higienisnya pasti jaoohhh lah. Kebetulan yang saya pake di lapangan terbuka, terbayangkan kalo tidak ada toilet saat konser musik, tabligh akbar atau acara outdoor lainnya - acara lari marathon yang sedang marak pun pernah pake katanya. 

Mungkin demo-demo yang melibatkan ratusan orang di Jakarta juga bisa menjadi sasaran atau target market mereka. Ya, sekedar membayangkan berapa banyak pundi-pundi yang mereka dapatkan tetap saja orang yang mau berusaha pasti dapat jalan rezekinya masing-masing. 

Tapi bagi saya ini adalah peluang dan ada kartu nama dan stiker yang tertera dalam tiap unit toilet tersebut dan mereka ada webnya di sewatoilet.com dan penjelasan yang lebih detil bisa saya temukan disana. mulai dari apakah toilet ini higienis hingga perhitungan berapa banyak unit yang di perlukan oleh penyewanya ada di sana. benar-benar bisnis "kotor" yang halal - tidak seperti mereka yang saya lihat di tipi-tipi sibuk menunduk dan menggunakan rompi oranyenya KPK.

Salutttteee... buat idenya.



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment