5 bisnis sampingan buat yang masih jadi pegawai

Para penganut aliran pensiun muda dengan rencana, biasanya akan berada di 2 kaki atau berada dalam 2 kuadran sebelum keluar 100% dari pekerjaannnya, akan mencari side job atau bisnis sampingan.

Karena namanya saja sudah bisnis sampingan, maka keberadaannya akan selalu disamping alias di kerjakan tanpa passion atau tanpa rencana yang matang untuk membesarkannya. 

Jadi, pada akhirnya bisnis sampingan tidak berkembang, duit yang dikeluarkan sudah banyak namun tetap saja harus terus bekerja 8 to 5 yang rencananya pengen pensiun darinya.

Bisnis sampingan menimbulkan pertanyaan apa cara terbaik untuk menapatkan pendapatan yang cukup untuk membayar tagihan, menabung untuk masa depan dan menikmati hidup. Apa cara terbaik untuk melakukannya?

Bagaimana Anda bisa membuat cukup penghasilan dari "bisnis sampingan" sekarang sehingga Anda dapat keluar dari pekerjaan Anda dalam waktu dekat?

Berikut adalah lima cara yang bagus untuk membuat penghasilan sisi sementara masih bekerja dari pekerjaan anda:

1. Berinvestasi dalam real estate.
Mata saya pertama terbuka untuk gagasan "penghasilan pasif" setelah membaca Rich Dad Poor Dad oleh Robert Kiyosaki. Meskipun bukan buku real-estate, itu mengajarkan saya nilai dari memiliki aset yang menghasilkan pendapatan. Real-estate investasi tidak selalu pasif, dan tidak selalu mudah, tetapi bisa sangat menguntungkan. Selain itu, ada ratusan cara untuk berinvestasi di real estat. Misalnya, Anda dapat:

  • Penjualan rumah secara FLIP
  • Menyewakan rumah tinggal
  • Membuat rumah peristirahatan atau home stay
  • Menyewakan rumah kopel, tripleks dan fourplexes
  • Membeli dan menyewakan komplek apartemen

Real-estate investasi adalah salah satu cara terfavorit untuk membuat penghasilan tambahan. Mungkin butuh sedikit waktu untuk membangun, tetapi setelah itu berjalan, maka akan berjalan dengan sedikit usaha dan sulit untuk berhenti. Sementara nilai rumahnya pun semakin meningkat, maka sertifikat dapat "disekolahkan" ke bank untuk mensupport bisnis yang lainnya.


2. Menulis buku.
Banyak orang memiliki impian menulis buku, tapi sangat sedikit yang pernah dilakukan. Mereka pikir itu terlalu keras, bahwa mereka tidak cukup tahu, tidak punya cukup waktu, tidak cukup pintar dan 1001 alasan lainnya. 

Tapi sebenarnya: Anda dapat menulis sebuah buku yang dapat membantu Anda membuat pendapatan bulanan tambahan.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan menulis buku, Sebagai contoh:

  • Anda bisa menulis serangkaian buku topik-spesifik pendek dan menerbitkannya di Kindle.
  • Anda bisa mempublikasikan diri melalui website Anda sendiri dan menjual kepada pelanggan yang ada.
  • Anda bisa bermitra dengan platform yang lebih besar dan dijual kepada para pelanggan mereka - kini banyak Komunitas penulis di Indonesia.
  • Anda bisa bekerja untuk perusahaan penerbitan besar (mungkin jalan yang paling sulit).
  • Anda bisa merekam buku audio dan mempublikasikannya di Audible.

Menulis buku hari ini tidak sesulit jaman dahulu, karena ada begitu banyak jalan untuk menerbitkan hasil karya nada. TIdak lagi menjadi monopolu perusahan penerbitan besar sekelas gramedia misalnya.

3. Menjual produk di Amazon.
Ini adalah salah satu cabang dari bisnis online yang dikenal sebagai sitem DROPSHIPPING dimana anda berlaku sebagai broker di Amazon.com. Kadangkala anda tidak perlu melihat barangnya seperti apa.

Misalkan pembeli anda datang dari USA, mampir ke website amazone anda dan memberi satu barang dari website anda. Anda tidak punya stocknya maka anda bisa mengontak teman anda di CHina yang memproduksinya. Meminta dia untuk mengirimkan produknya ke USA karena pembelinya ada disana. 

Saat transaksi close maka anda akan membayar teman anda yang di China. begitu kurang lebih cara berjualan di Amzon.com

JAdi anda sebagai brokerny adalah kepanajngan tangan dari si pembuat produk atau barang, dan anda adalah salesman mereka untuk pasar DUNIA.

4. Jual keterampilan Anda.
Kemungkinan besar Anda ahli di bidang anda saat ini, kini pertanyaannya adalah apakah keahlian anda itu diperlukan di dunia bisnis. Mungkin itu akuntansi, entri data, produksi video atau menulis.Bila jawabannya ada "YA" maka anda punya satu peluang bisnis.

Alasan utamanya adalah Apa pun expertise Anda maka ada kemungkinan orang di luar sana bersedia membayar baik untuk menjalankan bisnis mereka atau mungkin untuk mereka sendiri. Pemilik bisnis yang cerdas tahu bahwa mereka harus fokus pada apa yang mereka baik, dan mendelegasikan sisanya. Ini adalah di mana Anda dapat datang dan membuat bisnis sampingan sekaligus melakukan apa yang Anda cintai.

Selain menajdi pekerja lepas (freelance), Anda juga bisa menjadi konsultan. Jadi apa kemahiran atau expertise Anda? Apa yang orang lain mau membayar Anda untuk keahlian anda tersebut?

5. Mulai Ngebloging.
Akhirnya, cara yang sednag IN dalam 5 tahun terakhir ini adalah membuat pendapatan samping dengan cara membangun blog. Meskipun dibutuhkan waktu untuk membangun sebuah blog, namun setelah Anda memilikinya maka hal yang berikutnya akan terjadi adalah cara untuk "menguangkan" blog anda.

Contohnya: seorang perencana keuangan bersertifikat mendapatkan "traffic" atau pengunjung ke dalam blognya dan pada akhirnya mendapatkan pendapatan untuk bisnisnya. Pada saat yang sama, dari blog itu bisa dikembangakan metode yang lebih pasif lainnya, seperti pemasaran afiliasi, produk secara online dan konsultasi.

Untuk sukses di blogging, itu penting bahwa Anda:

  • Fokus pada kualitas penulisan konten 
  • Bekerja keras mendapatkan konten tersebut
  • Membangun daftar email pengnjung blog adand dari hari pertama, sehingga Anda dapat membangun pasar untuk orang-orang itu kemudian.
  • Blogging pastinya bukanlah jenis kegiatan "duduk di rumah dengan pakaian santai dan membuat uang mudah" . Hal ini membutuhkan ketekunan, kualitas dan waktu. Namun, blogging bisa sangat bermanfaat.

Ada satu tema umum dengan semua metode di atas untuk membuat penghasilan dari bisnis sampingan. Apakah Anda tahu apa itu? Kelima kegiatan tersebut haruslah memulainya dan membutuhkan usaha and kerja. Itu benar, Anda tidak akan pernah mencapai jenis gaya hidup yang Anda inginkan jika Anda tidak bekerja untuk itu. 

Jadi bergegaslah memulai membangun bisnis sampingan anda dan  Anda akan dapat keluar dari pekerjaan sekarang lebih cepat dari yang Anda bayangkan.



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment