3 Kunci Rahasia para StarUp

Ada banyak training tentang entrepreneur dikota-kota besar yang dipasaran yang bertemakan perubahan mindset dari para pengusaha pemula. 

Contoh yang paling banyak direplikasi adalah perubahan mindset atau bahasa seminarnya adalah mental block seorang pekerja kantoran yang rutin, ingin dirubah untuk dapat pindah kuadaran ke kanan (table Robet T.Kiyosaki) menjadi business owner atau investor.

Pertanyaan besarnya adalah: seberapa besar pengaruh mindset atau mental block dalam menentukan keberhasilan suatu usaha yang baru dimulai. Ternyata saya temukan jawabannya dalam selembar sobekan koran yang saya temukan secara tidak sengaja. Tapi setelah membaca isinya rasanya koq banyak benarnya ya...

Berikut adalah summary yang saya dapatkan dari artikel tersebut:

MENTAL SKILL 80%
frustasi adalah penyebab terebesar kegagalan sebuah bisnis. Sehebat apa pun kemampuan manajemen dan memasarkan sebuah usaha, kalau sang pemilik tidak than banting, pada akhirnya ia akan menyerah

MARKETING SKILL 15%
Sehebat apapun pengusaha dalam mengelola bisnis jika dia tidak mempunyai kemampuan untuk memasarkan, dia akan menghadapi rendahnya angka penjualan yang akan membuat bisnis tersebut terus merugi

BUSINESS SKILL 5%
tanpa penguasaan keterampilan ini, pengusaha berpotensi terjebak melakukan kesalahan alokasi modal dan investasi, bidang garapan dan pasar yang tepat sehingga bisnisnya gagal.

Ternyata bagian teknis, marketng dan business skill, yang selama ini saya perkirakan menjadi masalah besar dalam memulai suatu bisnis ternyata tidak benar adanya. Ini munking yang sering saya dengarkan "Kalo mau bisnis, ya bisnis aja langsung kerjakan" kata salah seorang motivator. "Take action and just do it, like nike" ujar motivator yang lain.

Yang saya rasakan saat memulai memang ujian beratnya datang dari  skill/kemampuan kita memanage mental kita sendiri. Apalagi bagi mereka yang bergerak dari sisi kiri kuadran alias Employee/Self-employee dari dunia yang aman dengan kepastian gaji bulanan ke tempat yang sama sekali baru dan penuh ketidakpastian.

Bila mental skill berpengaruh hingga 80% maka itu sudah porsi persentase yang sangat besar, dengan kata lain urahlah mental dan mindset anda terlebih dahulu, sebelum mengambil keputusan untuk memulai usaha dan resign dari tempat kerja sekarang.

Teori bakar kapal atau taruh kaki di dua kuadaran adalah pilihan. 
Yang pertama kali harus ditata adalah persiapan mental anda. 
Bagaimana caranya? 
Nah, banyak2 lah bergaul dengan orang2 yang sudah berhasil melewati masa startup itu, carilah MENTOR yang sudah menjadi apa yang anda inginkan nanti. 

Mari kita lakukan sekarang...



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment