Kiat Hobby Jadi Duit


kini banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan income dari hobby yang mereka miliki. bahkan beberapa sudah ada yang berhasil dengan ide ini, salah satunya adalah Jerry Aurum, fotografer yang memulai usahanya dari hobby photo mem photo.

Ada beberap kiat bila kita ingin menghasilkan duit dari hobby kita:

KEYAKINAN - hal yang terpenting. Harus yakin kalau ini jalan saya dan jalan itu tidak mungkin datang dalam waktu satu hari.

COBA RAIH PELUANG
- jangan dulu merasa ide yang tersimpan di kepala terlalu gila untuk di wujudkan. contoh: buka cafe selama 24 jam.

TITIK KRUSIAL - ketika sudah yakin bahwa hobi yang selama ini ditekuni bisa menghasilkan uang. ini adalah titik krusial.Kadang banyak orang yang menemukan apa yang dia suka, tetapi tidak tahu harus melakukan apa dengan kesukaannya itu - saat passion sudah ditemukan, lakukan pekerjaan rumahnya.

KONSULTASI - jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka yang sudah terjun lebih dulu di bisnis berdasarkan hobi. Buat paparan positif-negatif, kelebihan dan kekurangan, cari tahu mana bagian yang disuka dan mana yang tidak. Kemudian cari saluran agar hobi itu bisa menjadi nyata dalam bentuk bisnis atau pekerjaan.

TOLERANSI - jangan terjebak pada kemauan pribadi. Miliki toleransi terhadap kemauan orang lain. Mengejar passion pada hobi bukan berarti cuma mau bekerja ala gue.


PASSION --> ACTION --> DUIT
sebuah hobi bisa diubah menjadi passion, lalu menjadi action hingga akhirnya memberi pemasukan finansial. Tanpa langkah nyata hobi tidak akan bisa memberikan hasil berupa uang, tapi juga jangan kebanyakan berpikir. Langkah nyata itu seperti menanam dan menumbuhkan pohon. 
Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

BUAT PERENCANAAN - ambil langkah, buat perencanaan, lalu nyatakan komitmen terhadap terhadap diri sendiri agar hobi bisa menghasilkan uang. Seperti saat menanam pohon, sejak awal tentukan dulu buah apa yang ingin dipanen nantinya. Setelah tahu buah yang diinginkan, baru tentukan bibitnya, lokasi menanam, pupuk yang paling tepat, jumlah air dan kadar matahari yang dibutuhkan.

TENTUKAN TUJUAN - dalam berkarir atau berbisnis, tentukan tujuan tertinggi yang mau di capai.

TARGET - berdasarkan tujuan tadi, tentukan target yang harus dilakukan untuk mencapainya. Dari puncak ke akar, dari paling tinggi ke rendah.

FOKUS - setelah pohon target dirancang, segera ambil langkah nyata. mulai dari target pertama di dahan terbawah, paling dekat dengan akar. Intinya: fokus.

REALISTIS
- capai target yang paling mungkin dulu. setelah berhasil, baru naikkan target ke dahan diatasnya - akan tiba saatnya untuk mencapai target berikutnya dan mencapai puncak.

JANGAN MENYERAH
- ketika hobi sudah ditekuni dan timbul hambatan, jangan mudah berhenti. Pikirkan cara untuk berubah. Mungkin, ada langkah yang harus dirombak demi mencapai tujuan.

PERLU DIINGAT - tidak semua hobi bisa diubah menjadi bisnis yang menghasilkan - passion itu tidak harus diikuti dengan membuka usaha. Menjadi pegawai pun bukan masalah, pastikan pekerjaan itu dilakoni di bidang yang memang disukai.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment