Pensiun Dini.....? Apakah ANDA sudah Siap...?

Banyak cerita tentang bagaimana sebaiknya anda sebagai pekerja atau employee berhenti kerja dan memulai usaha sendiri.

Banyak seminar yang meng-'kompori' anda untuk berbuat seperti itu. Bahkan ada yang ekstrem mengungkapkannya sebagai metode "bakar kapal", lakukan saja pasti akan ada jalannya!

Lakukan ini seperti yang anda lakukan setiap pagi untuk mandi, seperti masuk kamar mandi saja. Kalo lupa handuk ya... keluar lage untuk ambil handuknya. Ini kata-kata yang terkenal dari seorang 'komporator' yang terkenal lhoo... :)

Bahkan seorang dai yang pernah saya dengar berkata, makanye dagang jangan banyak mikir, kerjain aja udah. Ntar juga berhasil, yakinlah... gitu die ngomong ame jamaahnye :)

Banyak lhoo... yang ngikutin omongan diatas dan berhasil! 

Kalo yang seperti ini komentarnya maka OTAK KANAN-lah yang sedang bekerja aktif dan pasti akan menemukan jalan keluarnya hingga anda berhasil. Dengan segala konsekuensinya tentu.... there's always a price, my man.

Berhenti kerja? di jaman susah seperti ini? mungkin itu pertanyaan sebagian para pekerja begitu mendengar kalimat-kalimat komporator seperti di atas. Tapi... kadang istilah 'manusia akan kreatif bila kepepet' ada benarnya juga, dengan dihadapi pada kondisi yang tak menentu dan kepepet maka segala kemampuan akan dia keluarkan.
Jangan lupa, sifat dasar manusia sebagai makhluk hidup adalah untuk bertahan hidup! selain untuk berkembang biak... he...he...he...
Jadi, kita akan selalu berusaha apapun dengan segala cara untuk bertahan hidup, apakah anda setuju?

Nah... bagi kita-kita yang tidak terlalu punya nyali untuk langsung dihadapkan pada kondisi seperti diatas atau dengan cara mem-pensiunkan diri anda sedini mungkin maka berikut ada beberap tips yang mungkin bisa anda persiapkan sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan sekarang dan memulai usaha anda sendiri.

Alasan utama para pekerja untuk tidak resign, atau pensiun dini adalah STATUS QUO atau kondisi nyaman seperti yang didapat sekarang ini. Namun, bila anda sudah mempunyai tekad yang kuat untuk pensiun dini, tapi tidak ingin melakukannya secara ekstrem maka berikut adalah tips & triknya :
  • alokasikan dana kebutuhan untuk anda dan keluarga hidup min 1 tahun ke depan;
  • sebaiknya sudah memulai usaha ebelum pensiun atau kalau baru mulai, pastikan anda menguasai bisnis yang ingin dimasuki;
  • maksimalkan dana pensiun yang dipakai untuk usaha 40% dari total yang anda terima
  • sebaiknya memiliki generating income secara pasif seperti sewa property dan investasi pada pasar modal
  • untuk menghindari resiko, siapkan asuransi jiwa dan kesehatan anda

Nah, dengan tips & trik diatas semoga perjalanan pensiun dini anda menjadi lebih mantab dan siap memulai penjalanan menjadi seorang pengusaha.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment