Apa yang perlu disiapkan untuk menjual Property Anda?

Saya muat 3 tulisan dari database saving file yang saya save beberapa tahun lalu, namun saat saya diskusi dengan beberapa teman yang terjun langsung ke dunia property. Ternyata masih cukup relevan dengan kondisi sekarang loh. ini termasuk salah satu artikel yang saya ndak nemu sumbernya :) 

Bila and berjalan-jalan di wilayah perumahan di Indonesia ini, pasti anda akan banyak menemukan tanda-tanda baik dari papan khusus, spanduk, tulisan di atas karton atau bahkan hanya secarik kertas HVS saja dengan tulisan: RUMAH INI DIJUAL.

Namun, tidak jarang juga ditemui rumah dengan pengumuman di jual dengan kondisi fisik yang “meragukan” alias tidak terawat. Entah cat pagar-temboknya yang memudar, terlihat atap garasi yang pecah atau bolong-bolong, bahkan mungking kaca jendela yang pecah dan rumput liar yang tumbuh dimana-mana.

Banyak orang yang memiliki rumah atau ruko dengan kondisi ini ingin mereka jual. Biasanya mereka berpendapat, “ngapain harus mengeluarkan uang lagi? Tokh… akhirnya rumah itu akan dijual juga!” 

Nah,… sebenarnya hanya dengan perbaikan kecil maka rumah ini akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi lagi.

Berikut adalah tipsnya :
 

1.    Perbaiki MUKA RUMAH
Seperti wajah kita maka muka rumah atau fasad adalah bagian yang pertama kali akan dilihat oleh calon pembeli. Fasad akan memberikan kesan pertama pada mereka, katanya kesan pertama begitu menggoda selanjutnya…. Terserah anda


Hal yang perlu anda perhatikan adalah :

  • Merapikan Pagar [hanya mencat ulang bagian2 yang perlu saja]
  • Merapikan tanaman yang ada di halaman, buang tanaman & rumput liar.
  • Rapikan dinding-dinding depan, tidak perlu mencat ulang namun rapikan saja bagian yang kotor
  • Atap rumah atau plafond adalah bagian berikutnya yang perlu anda perhatikan, perbaiki bagian yang bocor agar membuat kesan rapih dan bersih.
  • Bila rumah anda memiliki Garasi yang tertutup, secara tidak sengaja anda akan membuatnya merangkap sebagai gudang  .singkirkan semua barang yang tidak berguna dari garasi anda.

2.    Rapihkan BAGIAN DALAMBagian dalam ini bisa anda rapihkan saja, perhatikan bagian-bagian berikut:

--> Buka semua jendela serta bersihkan semua tirai, bila perlu cuci agar tampak bersih. Sangat disarankan untuk tetap memasang tirai pada saat open house, karena hal ini akan memberi kesan nyaman serta liveable.
--> Sikat dan bersihkan lantai anda, terutama bila ada bekas-bekas lemari yang membekas pada lantai atau furniture yang lain. Hal ini akan memberikan kesan bersih dan higienis bagi calon pembeli anda. Ingat, salah satu iklan pembersih lantai yang dibintangi oleh ULFA. Efek bersih akan mempengaruhi nilai tawar anda looh.
--> Perbaiki plafond yang rusah dengan mengganti hanya pada bagian tersebut. Bisa juga mengecat ulang bagian-bagian yang sudah rusak.
--> Cek apakah semua lampu bisa menyala. Kondisi bagian dalam yang bersih ditambah dengan lampu yang terang tentunya akan memberikan kesan psikologi yang baik bagi calon pembeli anda.

3.    Perbaiki FUNGSI INSTALASI
Fungsi yang dimaksud adalah seperti instalasi air dan listrik. Apakah keran pada dapur anda dapat berfungsi dengan baik, begitu juga dengan kamar mandi anda. Jangan sampai calon pembeli anda melihat keran air yang bocor! Lalu, Apakah semua saklar-saklar berfungsi sebagaimana mestinya? Lakukan pengetesan dan perbaiki yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4.    Letakkan FURNITUREPeletakan furniture ini dapat membantu calon pembeli anda membayangkan layout interior yang bisa mereka buat dalam rumah anda bila mereka akan menempati rumah tersebut. Mungkin anda bisa juga sekalian menjual furniturenya sekalian, kenapa tidak?

5.    Hilangkan BAU-BAUAN
Semprotkan pengharum ruangan atau bahkan pasang wewangian aroma yang menarik dalam property anda. Tempatkan wewangian ini pada beberapa titik sensitive bau, seperti dapur dan kamar mandi. Lakukan sebelum calon pembeli datang atau sebelum acara open house di buka.

Dengan beberapa tips sederhana seperti diatas tidaklah diperlukan biaya yang besar untuk merapihkan property anda. Tips yang harus anda pegang adalah banyak calon pembeli yang memutuskan membeli suatu property yang dipengaruhi oleh perasaannya saat melihat property-nya daripada menggunakan logika.
Bila calon customer anda sudah jatuh hati dengan property yang anda tawarkan, maka anda akan memiliki kesempatan untuk menjualnya lebih tinggi dari pada harga pasar yang ada.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment